Kunjungan Kerja ke Disnakertrans Jatim

19 DES 2017, 580 x dibaca

Pada tanggal 13 sampai dengan 15 Desember 2017, pegawai Disnakertrans DIY melaksanakan kunjungan ke Disnakertrans Provinsi Jawa Timur dengan tujuan melaksanakan studi komparatif. Studi komparatif pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan Online dan PPID ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, dilatarbelakangi adanya program pelayanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan Online Disnakertrans DIY yang pada tahun 2018 akan di-launching, namun dirasa masih terdapat beberapa hal yang perlu untuk disempurnakan. Selain itu, Disnakertrans DIY juga ingin mengkomparasikan kegiatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan kegiatan PPID yang telah berjalan di Disnakertrans Provinsi Jatim.

Kunjungan studi komparatif langsung diterima melalui forum audiensi yang dihadiri beberapa pejabat Disnakertrans Provinsi Jatim yaitu Kepala Bidang Hubungan Industrial, Kepala Bidang Penempatan, dan Kepala Sub Bagian Tata usaha. Dalam forum audiensi, saling tukar informasi berjalan dengan baik dan lancar, karena kedua belah pihak saling terbuka dalam berbagi informasi.

Disnakertrans Provinsi Jatim menjadi tujuan kunjungan studi komparatif, karena selama ini telah menjalankan sistem informasi wajib lapor ketenagakerjaan berbasis online. Disnakertrans DIY merasa perlu untuk mempelajari sistem yang telah berjalan di Jatim, karena ingin mendekatkan pelayanan kepada perusahaan.

Dalam audiensi, dijelaskan seluk-beluk teknis proses pembangunan sistem wajib lapor ketenagakerjaan online yang diberi nama SiWalan. Disnakertrans DIY mendapat beragam pengetahuan baru yang sangat berguna bagi penyempurnaan sistem wajib lapor ketenagakerjaan yang di tahun 2018 mulai dapat diakses dan digunakan.

Perihal PPID, Disnakertrans Provinsi Jatim telah melaksanakan dan telah memiliki ruangan khusus bagi para pemohon informasi disertai standar operasional prosedur yang tertampil melalui skema-skema yang dipasang di dinding. Kegiatan PPID Disnakertrans DIY sedang dalam proses penyempurnaan dan mendapat cukup banyak input dari audiensi.

Dalam audiensi, secara spontan ditemui banyak hal yang sebenarnya tidak terprogramkan sebelumnya. Misalnya, terdapat beragam inovasi di Disnakertrans Provinsi Jatim yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi program dan kegiatan Disnakertrans DIY di masa yang akan datang. Beberapa diantaranya adalah adanya Sarana Informasi Mobil Display Bisnis (SiModis), Mobil Informasi Kerja Keliling (SiMonik), dan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) yang sudah berjalan dengan baik.

Dari kunjungan ke Disnakertrans Provinsi Jatim, didapat banyak masukan dan inspirasi yang akan dikaji terlebih dahulu secara lebih mendalam, untuk kemudian dimasukkan ke dalam program dan kegiatan yang kelak direalisasikan. 

Bagikan :