DISNAKERTRANS DIY UJI COBA APLIKASI WAJIB LAPOR KETENAGAKERJAAN ONLINE

9 JAN 2018, 831 x dibaca

Pengawasan,Yogyakarta.- Untuk mendukung kelancaran layanan Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan, Disnakertrans DIY sebagai instansi di lingkungan Pemda DIY yang membidangi urusan ketenagakerjaan melakukan uji coba pelaksanaan Wajib Lapor Ketenagakerjaan secara daring (online).

“Aplikasi Wajib Lapor Ketenagakerjaan ini  telah lama direncanakan dan dibuat, akan tetapi baru bisa diuji coba mulai 2 Januari kemarin karena berbagai kendala yang dihadapi. Sebenarnya Kementerian juga membuat aplikasi serupa akan tetapi setelah kami konsultasikan kesana, kami diijinkan asal progres kedepannya tetap terintegrasi dengan Aplikasi yang dibuat kementerian.  Selama uji coba ini, kami juga tetap menerima Wajib Lapor secara manual, hanya saja blangkonya sudah tidak lagi kami cetak.” Tutur Sriyati, S.Pd.,MM. selaku sekretaris Disnakertrans DIY.

Kementerian Ketenagakerjaan sebenarnya juga memiliki aplikasi serupa yang telah diluncurkan akhir 2017 lalu, tetapi menurutnya aplikasi dari Kementerian Ketenagakerjaan tersebut belum dapat menjawab kebutuhan perusahaan di DIY. Rencananya aplikasi tersebut akan menggantikan sistem manual yang saat ini dilaksanakan di Disnakertrans DIY, dan bila tidak ada kendala yang berarti, aplikasi ini akan diluncurkan berbarengan dengan upacara bulan K3 yang dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2018 ini sekaligus pemberian nama atau branding bagi aplikasi milik Pemda DIY tersebut.

Dengan sistem Wajib Lapor Ketenagakerjaan secara daring ini, membuat pelaksanaan Wajib Lapor Ketenagakerjaan yang dulu memakan waktu hingga berhari-hari menjadi lebih cepat karena proses birokrasi di dinas menjadi lebih ringkas. Saat uji coba dilakukan, hanya dalam waktu 10 menit, seluruh proses Wajib Lapor Ketenagakerjaan dapat selesai tanpa kendala.

Nantinya perusahaan hanya diharuskan mendaftar sebagai admin perusahaan melalui aplikasi tersebut,kemudian setelah mendapatkan hak akses ke aplikasi, perusahaan meng-input data dan mencetak blangko wajib lapor yang telah terisi sebanyak dua kali dan membawanya ke kantor Disnakertrans DIY untuk memperoleh pengesahan atau stampel dari dinas.vnd

Bagikan :