Pemberdayaan Tenaga Kerja Khusus Penyandang Disabilitas Tahun 2018

18 MEI 2018, 303 x dibaca

Sebagaimana diamanatkan pada ayat 2 Pasal 27 Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tiap warga Negara berhak atas pekerjaaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, oleh karena itu Pemerintah memiliki tanggung jawab atas pemenuhan hak dari tiap warga Negara. Bila dilihat dari sektor ketenagakerjaan, terdapat kelompok tenaga kerja yang dipandang memerlukan perhatian khusus, antara lain tenaga kerja lansia, muda wanita dan penyandang disabilitas. Kelompok kerja ini, khususnya penyandang disabilitas banyak mengalami diskriminasi, hambatan serta beberapa di antaranya termarjinalkan, sehingga peluang serta akses ibilitas terhadap kesempatan kerja bagi mereka tidak terpenuhi dengan baik.


Banyak tenaga kerja penyandang disabilitas yang produktif dan memiliki keahlian tertentu. Untuk itu tenaga kerja disabilitas yang produktif iniperlu diberdayakan, karena mereka masih mampu mandiri, sehat dan mampu membiayai dirinya. Dan salah satu program pemerintah untuk mengatasi masalah terbatasnya kesempatan kerja bagi Tenaga Kerja Khsusus Penyandang Disabilitas adalah melalui kegiatan Pemberdayaan Tenaga Kerja Khusus Penyandang Disabilitas yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY.


Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 8 Mei 2018 di Hotel Cakra Kusuma, Jalan Kaliurang Yogyakarta, diikuti oleh 30 orang penyandang disabilitas dari Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul. Pada Kesempatan ini peserta mendapatkan pelatihan kewirausahaan pengolahan makanan, mulai darianeka kue hingga aneka keripik sayuran. Selama kegiatan, peserta memperoleh materi antara lain motivasi usaha, perencanaan usaha, inovasi produk dan pemasaran yang disampaikan oleh instruktur dari BLKPP DIY dan para praktisi. Peserta sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan ini. Setelah mendapatkan pelatihan, selanjutnya peserta akan menerima bantuan peralatan sebagai modal usaha.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri pada tenaga kerja khusus penyandang disabilitas agar menjadi unit ekonomi yang mandiri dan menciptakan lapangan kerja bagi tenaga kerja khusus penyandang disabilitas, sehingga dapat mandiri. (hw2018)

Bagikan :