Nakertrans Menjawab

Pencarian :

Untuk menulis pesan :
Menampilkan data ke 1 s/d 10 dari total 501 data.
Pendaftaran wajib lapor
Pengirim : Andhi Wasis Sepdiyani
Bagaimana prosedur pendaftaran wajib lapor perusahaan
Tanggapan :
Wajib Lapor Ketenagakerjaan di DIY mulai 2018 dilakukan dengan sistem online.pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar melalui menu "Malioboro" di pojok kanan atas halaman depan alikasi ini atau klik link berikut : MALIOBOROkemudian klik Daftar untuk memperoleh akun dan ikutilah langkah-langkah yang ditentukan tersebut.Apabila kurang jelas saudara dapat menghubungi petugas Administratornya di nomor : 0856 4015 3939 (vendy) atau 0858 5505 3599 (Diah)
pengajuan hak pesangon
Pengirim : Desi
siang saya mau konsultasi masalah ayah saya , ayah saya sudah bekerja kurang lebih 21 tahun tahun ini ada ajuan untuk pemecatan ayah saya karena ayah saya menolak satu tugas yg tidak bisa disanggupi ayah saya karna berpengaruh terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain tugas itu adalah membawa muatan melebihi dengan daya muat truk di tambah dengan kondisi truk yg sudah kurang layak pakai ayah saya berniat mengajukan bantuan ke depnaker untuk mendapat hak pesangon , tapi saya baru tahu jika tahun ini ayah saya mengambil jamsostek nya dikarenakan butuh dana dan alasan pengajuan ke jam sostek adalah mengundurkan diri agar dana bisa diambil yg mau saya tanyakan apakah jika ayah nanti memasukan pengajuan ke depnaker tentang masalah ini jika dilihat dari jamsostek nya bisa dibantu untuk memperoleh hak pesangonnya ?terimakasih :)
Tanggapan :
Silahkan saudara dapat membuat pengaduan secara tertulis ke Dinas Tenaga Kerja / Dinas yang membidangi Ketenagakerjaan tingkat Kabupaten/ Kota, dimana perusahaan tempat ayah saudara bekerja.Atau saudara dapat langsung berkonsultasi dengan Mediator Hubungan Industrial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/ Kota sesuai domisili perusahaan dimana ayah saudara bekerja.
Perpanjangan masa Ahli K3 Umum
Pengirim : David Widyantoro Try Wibowo
Selamat siang, perkenalkan sy David; sy adalah AK3U PT Kanisius, masa berlaku kartu tanda kewenangan AK3U sy habis 20 Agustus 2018. Karena ada beberapa hal sy blm sempat memperpanjang masa berlaku AK3U sy. Apakah sy masih bisa mengurus perpanjangannya dalam bulan ini?lalu apa saja syaratnya. Terimakasih.
Tanggapan :
Untuk perpanjangan masa berlaku SK Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3) Umum dapat langsung ke Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan DIY. pada hari dan jam kerja.
SK Gubernur UMP tahun 2019
Pengirim : PT DOS-NI-ROHA
Terkait dengan SK Gubernur 2019 UMP tahun 2019 yang baru kami mohon untuk dapat memberikan/mengirimkan UMP tahun 2019 tersebut, terkait dengan arsip legal kami di cabang yogyakarta. Atas perhatian dan perhatiannya terimakasih.
Tanggapan :
SK UMP Tahun 2019 yang berlaku di DIY dapat diunduh pada tautan berikut ini :
SK UMP 2019

atau URL : http://nakertrans.jogjaprov.go.id/resources/download/157/UMK%20DIY%202019%20(1).pdf
UPT Pengawas Ketenagakerjaan
Pengirim : Reza Riadi
Mohon informasinya mengenai pembagian wilayah kerja UPT/Balai Pengawas Ketenagakerjaan di Prov. DIY dan masing-masing lokasi kantornya. Saya sudah coba cari di website namun tidak menemukan informasi yang lengkap.Terimakasih.
Tanggapan :
Pemda DIY yang dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. hingga kini belum berencana membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau kelembagaan khusus untuk Pengawasan Ketenagakerjaan diluar Disnakertrans DIY. dengan kata lain, Pengawasan Ketenagakerjaan DIY. tetap menjadi satu di Disnakertrans DIY. yaitu Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan. 
Uang makan
Pengirim : Eko widodo
Uang makan + uang lembur belum di kaasih selama 3 bulan
Tanggapan :
Silahkan saudara dapat langsung bertemu dengan Pengawas Ketenagakerjaan DIY. di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman pada hari dan jam kerja; atau saudara dapat juga membuat pengaduan secara tertulis kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. dengan alamat tersebut yang memuat identitas pengadu dan perusahaan yang diadukan serta kronologis peristiwa yang diadukan.
upah lembur 3 bln blm di bayar
Pengirim : yudianto
Pesan Anda.......saya bekerja di slah satu media cetak/koran terbesar/tertua di diy,bulan agustus september,oktober upah lembur semua karyawan smp sekarang belum di bayar,sudah cb menanyakan ttpi smp sekarang ternyata blm di bayar juga.trs langkah2 karyawan harus bagaimana?
Tanggapan :
Silahkan saudara dapat langsung bertemu dengan Pengawas Ketenagakerjaan DIY. di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman pada hari dan jam kerja; atau saudara dapat juga membuat pengaduan secara tertulis kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. dengan alamat tersebut yang memuat identitas pengadu dan perusahaan yang diadukan serta kronologis peristiwa yang diadukan.
Perjanjian kerja bersama dan perusahaan
Pengirim : M. Fatih
Minta data dan informasinya terkait jumlah perusahaan dan daftar perusahaan yg memiliki perjanjian kerja bersama di DIY khususnya kota Yogyakarta
Tanggapan :

Data tersebut dapat saudara dapatkan di Dinas yang membidangi ketenagakerjaan Kota Yogyakarta. Yaitu pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi d/a. Balaikota Yogyakarta, Jl. Kenari No. 56, Yogyakarta

konsultasi
Pengirim : elsara arinda putri
selamat siang, saya ingin bertanya dimana saya dapat memperoleh data Upah Minimum Provinsi DIY tahun 2011 - 2017?
Tanggapan :
SK UMK dapat didapatkan di Dinas yang membidangi Ketenagakerjaan Kabupaten/ Kota setempat (Disnaker Kabupaten/ Kota).
Ijin Sakit & BPJS Ketenagakerjaan
Pengirim : marco
Selamat siang,jika saya bekerja pada lembaga bimbingan belajar bahasa inggris milik perorangan yang jumlah karyawan (guru) (semuanya perempuan) kurang lebih 30 orang dengan gaji di atas UMR dan mendapat perlakuan seperti berikut, apakah perlakuan tersebut menyalahi peraturan perundang-undangan? 1. hak cuti dalam setahun adalah 1 hari, namun ada libur semester. jika saya sakit maka ijin sakit dengan menunjukkan surat dokter dalam setahun HANYA 2 hari. jika ternyata saya sakit selama 3 hari, maka 1 hari tersebut saya harus mengganti jam kerja secara dicicil. namun demikian tidak ada pemotongan gaji (asal jam kerja yang hilang karena izin sakit tersebut sudah diganti)2. semua hal terkait absen (ijin anak sakit, ijin njagong tetangga, ijin mertua meninggal) harus mengganti jam kerja.3. Tidak ada ijin istirahat/tidak bekerja pada hari pertama & kedua karena menstruasi 4. SEMUA KARYAWAN TIDAK TERDAFTAR DALAM BPJS KETENAGAKERJAAN5. sudah bekerja selama 5 tahun, dan dengan skema kontrak selama 1 tahun. jadi sudah perpanjang kontrak kerja (PKWT) selama 5x berturut2.Mohon dapat dibantu dijawab beberapa pertanyaan tersebut dan andaikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ternyata menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku, kemana saya dapat bersurat/mengadu untuk dapat memperjuangkan hak saya sebagai tenaga kerja?terima kasih.
Tanggapan :
Cuti diatur dalam Pasal 79 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang menyebutkan bahwa :"(1)Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh.(2) Waktu istirahat dan cuti sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), meliputi :a. istirahat antara jam kerja, sekurang kurangnya setengah jam setelah bekerja selama 4 (empat) jam terus menerus dan waktu istirahat tersebut tidak termasuk jam kerja;b. istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 2 (dua) hari untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu;c. cuti tahunan, sekurang kurangnya 12 (dua belas) hari kerja setelah pekerja/buruh yang bersangkutan bekerja selama 12 (dua belas) bulan secara terus menerus; dand. istirahat panjang sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan dan dilaksanakan pada tahun ketujuh dan kedelapan masing-masing 1 (satu) bulan bagi pekerja/buruh yang telah bekerja selama 6 (enam) tahun secara terus-menerus pada perusahaan yang sama dengan ketentuan pekerja/buruh tersebut tidak berhak lagi atas istirahat tahunannya dalam 2 (dua) tahun berjalan dan selanjutnya berlaku untuk setiap kelipatan masa kerja 6 (enam) tahun.(3) Pelaksanaan waktu istirahat tahunan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf c diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Saran kami silahkan saudara membuat pengaduan tertulis ditujukan ke Disnakertrans DIY. d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, atau dapat terlebih dahulu berkonsultasi ke kami pada hari dan jam kerja.