Daftar Peristilahan

Pencarian : Kategori :
Menampilkan data ke 1 s/d 10 dari total 11 data.
Angkatan Kerja
Kategori : Ketenagakerjaan
Penduduk usia kerja yang bekerja atau punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja, dan penganggur
Bekerja
Kategori : Ketenagakerjaan
Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan, paling sedikit 1 jam sehari (tidak terputus) dalam seminggu. Kegiatan tersebut termasuk pula kegiatan pekerja tak dibayar yang membantu dalam suatu usaha atau kegiatan ekonomi. Bekerja terdiri dari bekerja dan sementara tidak bekerja.
Bekerja penuh
Kategori : Ketenagakerjaan
Penduduk yang bekerja yang jika dijumlahkan sebesar 35 jam atau lebih dalam satu minggu (misalkan pegawai, pekerja pabrik, pekerja harian)
Bukan Angkatan Kerja
Kategori : Ketenagakerjaan
Penduduk yang termasuk bukan angkatan kerja adalah penduduk usia kerja (15 tahun atau lebih) yang masih sekolah, mengurus rumah tangga, atau melaksanakan kegiatan lainnya. Terdiri dari :
  1. Sekolah : Penduduk berusia 15 tahun atau lebih yang masih bersekolah.
  2. Pengurus rumah tangga : Penduduk berusia 15 tahun atau lebih yang mengurus rumah tangga, karena sesuatu alasan misalnya pendapatan sudah cukup, mengurus anak, dan alasan lain sehingga tidak ingin bekerja atau mencari pekerjaan lagi. Laki-laki jarang menjadi pengurus rumah tangga, karena umumnya laki-laki yang mengurus rumah tangga masih punya keinginan bekerja atau mempersiapkan usaha sehingga diklasifikasikan sebagai penganggur. Pengurus rumah tangga laki-laki umumnya hanya di daerah yang wanitanya banyak menjadi TKW di luar negeri.
  3. Penerima pendapatan dan lainnya
    • Penerima pendapatan : Penduduk berusia 15 tahun atau lebih yang tidak bekerja karena alasan telah menerima pendapatan dari pensiun, simpanan/sewa atas milik, dan lain-lain.
    • Lainnya : tidak bekerja karena usia tua, cacat, dan lain-lain sehingga tidak memungkinkan bekerja.
Penduduk Bukan Usia Kerja
Kategori : Ketenagakerjaan
Disebut juga sebagai anak, pengertiannya adalah penduduk yang berusia kurang dari 15 tahun, apapun kegiatannya
Penduduk Usia Kerja
Kategori : Ketenagakerjaan
Disebut juga sebagai tenaga kerja, adalah penduduk yang berusia 15 tahun atau lebih dengan pengertian tiap-tiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik didalam maupun diluar hubungan kerja guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (meliputi orang yang bekerja, sekolah, mengurus rumah tangga, dan sebagainya)
Penganggur
Kategori : Ketenagakerjaan
Penganggur atau disebut penganggur terbuka adalah seseorang yang tidak bekerja (tidak bekerja sama sekali), tidak pula membantu pekerjaan orang lain.Terdiri dari :
  • mencari pekerjaan : aktif mencari pekerjaan
  • mempersiapkan usaha tetapi usahanya belum berjalan
  • merasa tidak mungkin dapat pekerjaan : menganggur tetapi tidak aktif mencari kerja karena sudah putus asa
  • sudah punya pekerjaan tetapi belum mulai bekerja (penganggur yang sudah dinyatakan diterima bekerja tetapi belum masuk kerja).
 
Sementara tidak bekerja
Kategori : Ketenagakerjaan
Adalah mempunyai pekerjaan tetapi belum bekerja dengan sebab seperti sakit, cuti, menunggu pesanan atau panenan, menunggu proyek (kontraktor), mogok, dan sebagainya
Setengah Penganggur
Kategori : Ketenagakerjaan
Penduduk yang bekerja kurang dari 35 jam seminggu, atau lebih tepatnya minimal satu jam sehari sampai dengan (jika dijumlahkan) 35 jam seminggu. Sebagai contoh adalah pekerja serabutan, bekerja di sawah hanya beberapa jam sehari, sopir pengganti, pekerja yang bekerja hanya jika ada pesanan, pekerjaan yang belum menentu waktunya tetapi jika dijumlahkan dalam 1 minggu kurang dari 35 jam.
Setengah Penganggur Sukarela
Kategori : Ketenagakerjaan
Adalah orang yang bekerja kurang dari 35 jam per minggu namun tidak mencari pekerjaan dan tidak bersedia menerima pekerjaan lain (karena pendapatan sudah cukup/pengusaha, alasan usia, kesehatan, dan lain-lain).