Monitoring Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19

1 SEP 2020, 152 x dibaca

Yogyakarta, nakertrans.jogjaprov.go.id – Disnakertrans DIY merupakan dinas yang membidangi sektor ketenagakerjaan di DIY. Disnakertrans DIY lebih dikenal dengan nakertrans DIY di beberapa sosial media dan website. Pengawasan ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja adalah salah satu bidang yang ada di dalamnya. Sesuai dengan namanya pengawasan ketenagakerjaan memiliki peran penting dalam pembinaan dan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan di DIY. Dalam hal pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan kerap dihadapkan tantangan klasik, yakni jumlah pengawas ketenagakerjaan yang belum ideal jika dibandingkan dengan jumlah perusahaan yang menjadi obyek pengawasan.

Masa pandemi Covid-19 saat ini perusahaan di DIY berusaha tetap bertahan untuk menopang terjadinya aktifitas ekonomi. Perusahaan di DIY menjalankan usahanya dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Menuju tatanan norma baru setiap perusahaan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Pengawas ketenagakerjaan meninjau langsung terhadap perusahaan yang memiliki resiko tinggi penyebaran covid-19. Hal tersebut dilakukan agar protokol covid-19 benar-benar dilakukan di lingkungan perusahaan.

Monitoring pengawas ketenagakerjaan akan terus dilakukan dengan menyasar perusahaan-perusahaan  yang memiliki resiko tinggi. Saat ini PT. Eagle Glove, PT. CMPN, dan PT. Bra menjadi beberapa contoh perusahaan yang sudah dimonitoring dan menjalankan protokol covid-19 dengan baik. Setiap perusahaan tersebut sudah menerapkan protocol covid-19 diantaranya jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dan penyemprotan desinfektan. Pengawas ketenagakerjaan akan terus mensosialisasikan protocol covid-19 guna menjaga setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya tetap mematuhi peraturan yang berlaku dan sehat, baik dari pekerja maupun pemberi kerja.

Bagikan :