Demi Kesejahteraan Pekerja dan Keharmonisan Hubungan Industrial Pengawasan Ketenagakerjaan Harus Berinovasi di tengah Pandemi.

19 JUN 2020, 185 x dibaca

Sleman, Disnakertrans DIY.- Di Masa Tanggap DaruratCovid-19, Pengawas Ketenagakerjaan menghadapi banyak kendala teknis dalam melakukan ketugasan rutin untuk melakukan Pengawasan langsung di tempat kerja(perusahaan) terhadap dipatuhinya norma-norma Ketenagakerjaan karena keharusan diterapkannya protokol kesehatan pencegahan Covid-19, padahal saat situasi ekonomi sedang menghadapi masa yang sulit seperti saat ini, potensi terjadinya pelanggaran hukum ketenagakerjaan relatif tinggi.

Untuk itu sebagai salah satu instrumen penegakan hukum ketenagakerjaan, Pengawas Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan TransmigrasiDIY. melakukan Inovasi metode penyelidikan dan pengambilan keterangan dugaan pelanggaran maupun tindak pidana ketenagakerjaan dengan melakukan pemeriksaan dan tindak lanjut pengaduan secara daring.

Meskipun hasil yang diperoleh tidak seoptimal dibandingkan apabila secara langsung bertatap muka hal itu perlu dilakukan sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat di tengah Masa Tanggap Darurat Covid-19 agar penegakan hukum bidang ketenagakerjaan tetap berjalan dan terciptanya Hubungan Industrial yang harmonis.

Pada salah satu proses pengambilan keterangan secara daring untukmenyelidiki dugaan tindak pidana suatu perusahaan yang diduga menunggak iuran BPJS Ketenagakerjaan, THR keagamaan, meskipun masih perlu beberapa penyempurnaan, cara tersebut cukup membantu Pengawas Ketenagakerjaan dalam memperoleh informasi awal sebelum dilakukan pemeriksaan langsung di tempat kerja, agar penegakan hukum bidang ketenagakerjaan terus berjalan. Ilustrasi : Pengawas Ketenagakerjaan sedang melakukan pemeriksaan secara daring. (N)

Bagikan :