Pemagangan Dalam Negri

4 DES 2020, 2.741 x dibaca

Jumat (3/12/2020) - Disnakertrans DIY sebagai salah satu dinas yang membidangi ketenagakerjaan berperan penting untuk membangun sumber daya manusia kompeten. Bidang Pembinaan Pelatihan, Sertifikasidan Pemagangan disingkat P2SP memiliki peran penting di Disnakertrans DIY untuk mewujudkan hal tersebut. Pemagangan yang merupakan bagian dari P2SP membentuk Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) guna membangun tenaga kerja yang siap kerja, professional dan kompeten dibidangnya. Disnakertrans DIY bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi para pencari kerja, untuk melakukan pemagangan.

 

Tahun ini dari beberapa perusahaan dapat dikelompokan menjadi 7 kejuruan. Kejuruan tersebut meliputi :

1.       Programmer

2.       Administrasi Perkantoran

3.       Meubelair

4.       Perhotelan

5.       Operator mesin

6.       Menjahit

7.       Manufaktur

Para pencari kerja  sangat antusias dengan adanya program pemagangan yang ada di Disnakertrans DIY. Tahun 2020 ada sebanyak 450 orang telah selesai mengikuti pemagangan dalam negri. Peserta magang tahun ini berkurang karena beberapa perusahaan terdapak covid-19. Jumlah peserta magang yang sebelumnya maksimal 30% dari jumlah karyawan, sekarang menjadi maksimal 20% dari jumlah karyawan. Peserta magang tentunya tidak dilepas begitu saja, namun juga dibimbing oleh mentor dari perusahaan yang sudah berkompeten, mereka bisa berlatih sambil bekerja secara langsung. Peserta yang berhasil menyelesaikan program pemagangan selama 5 bulan, akan mendapatkan sertifikat dari perusahaan yang diketahui oleh Kepala Disnakertrans DIY.

 

Tahun 2020 pemagangan dalam negri sudah ditutup tepatnya hari Jum’at 4 Desember 2020. Disnakertrans DIY melalui bidang P2SP akan menyiapkan pemagangan dalam negri untuk tahun 2021. Pemagangan dalam negri selanjutnya karena keterbatasan akan disiapkan kuota 350 orang peserta magang yang ditempatkan di beberapa perusahaan di DIY. Perusahaan yang ingin bergabung dengan Disnakertrans DIY terkait pemagangn bisa mengirimkan proposal pemagangan dan mengisi formulir pendaftaran. Bagi peserta yang ingin mengikuti magang akan diumumkan untuk pencarian peserta magang setelah FKJP 2021 terbentuk.

Bagikan :