Penyelesaian Kasus Ketenagakerjaan Secara Virtual

22 JUN 2020, 249 x dibaca

Indonesia dan seluruh negara di dunia sedang dihebohkan dengan munculnya Pandemi CoronaVirus Disease (Covid-19), yang membawa dampak signifikan terhadap tatanan dunia. Mulai dari  aspek ekonomi, sosial, hingga kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali terhadap pelayanan publik. Sejak diumumkan kasuspositif virus Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu, pemerintah meningkatkan langkah-langkah dalam menangani pandemi global dari Covid-19.Sejak awal Maret 2020, berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan daerah. Mulai dari membatasi hubungan sosial(social distancing) dan pada akhir Maret 2020 kebijakan pemerintah dilanjutkan dengan PhysicalDistancing.

            Dinas Tenaga Kerja dan TransmigrasiDIY juga sangat terdampak dengan munculnya Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19)terutama dalam pelayanan langsung ke masyarakat. Dengan adanya kebijakan dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Surat Edaran Gubernur Nomor :433/4956 tertanggal 17 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Tenaga Kerja danTransmigrasi DIY dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat lebih mengedepankan secara Daring dan apabila harus secara langsung maka dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan COVID-19.

            Salah satu pelayanan yang dilakukanoleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY adalah pengaduan kasus ketenagakerjaan dimana Pengawas Ketenagakerjaan harus melakukan pemanggilan terhadap para pihak (Pimpinan Perusahaan dan tenaga kerja yang mengadu), dalammasa pandemic COVID-19 ini kami melakukan pemanggilan dengan menggunakan virtual meeting dikarenakan pimpinan perusahaan berada di luar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya penyelesaian kasus secara virtualini Pengawas Ketenagakerjaan tetap dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam melakukan pengawasan dan pembinaan norma ketenagakerjaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. Penyelesaian Kasus Ketenagakerjaan di Disnakertrans DIY, hari Selasa tanggal 16 Juni 2020 (PA)

Bagikan :