Pemetaan Pekerja DIY Terdampak Covid-19

30 JUL 2020, 365 x dibaca

YOGYAKARTA.  Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sektor andalan sektor jasa, pariwisata, Industri Kreatif dan  pendidikan dengan adanya pandemi COVID 19 sangat berpengaruh terhadap pekerja baik sektor formal maupun informal. Di sektor informal penurunan omzet akan mempengaruhi kelangsungan usaha sementara dampak sektor formal lebih jauh akan berdampak pada Perumahan karyawan dan PHK.


Denganmasih berlangsungya pandemi COVID-19 Pemda DIY berupaya mengarahkan program kegiatan  :- 

  • Mengefektifkan perantaraan kerja untuk mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja, termasuk tenaga kerja terdampak COVID-19
  • Melakukan up-skilling (peningkatan ketrampilan /kompetensi) kepada tenaga kerja terdampak COVID-19 untuk dapat tetap bekerja disektor formal
  • Melakukan pembentukan TKM (Tenaga Kerja Mandiri) agar tenaga kerja terdampak COVID-19 dapat beralih menjadi pekerja sektor informal dengan bidang Pertanian/ Perikanan, Pengolahan Makanan (Pertanian, Perikanan)

Untuk dapat efektifnya program kegiatan diperlukan kegiatan pendahuluan melalui Pemetaan Pekerja formal Perusahaan DIY  terdampak COVID 19 sehingga kegiatan efektif mengenai sasaran. 

Kegiatan pemetaan berlangsung dari hari Rabu tanggal 22 Juli – sampai dengan Rabu 29Juli dengan sasaran  330 HRD perusahaan  DIY  terdampak covid 19 ( Merumahkan atauPHK). yang nantinya akan terpetakan Pekerja yang akan kembali bekerja di sektorformal maupun pekerja yang akan beralih ke sektor informal.


Diharapkan dengan kegiatan ini akan dihasilkan  byname pekerja yang terdampak dan akan di berikan kegiatan disesuaikan dengan minat apakah dengan upskilling atau dengan pembentukan tenaga kerja mandiri.Untuk tenaga kerja mandiri difokuskan pada pelatihan pertanian perikanan  dan pengolahan makanan.Kejuruan tersebut dipilih disebabkan kondisi pandemi untuk  sektor produksi (pertanian/perikanan) tetap sangat dibutuhkan masyarakat.

(ds/30-07-2020)

Bagikan :