Disnakertrans DIY menyelenggarakan seleksi magang Jepang. Pelaksanaan seleksi berlangsung selama lima hari, tanggal 27 s.d 31 Mei 2024. Kegiatan seleksi ini diselenggarakan setiap tahun untuk memberikan kesempatan kepada para angkatan kerja yang berminat untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti program magang di Negara Sakura selama tiga tahun.

Penyelengara seleksi magang Jepang ini juga dilaksanakan di Provinsi lain dengan waktu pelaksanaan seleksi yang berbeda-beda. Program Magang Jepang merupakan kerjasama antara Disnakertrans DIY, Kemnaker RI dan International Manpower (IM) Japan. Pendaftaran untuk seleksi di DIY dibuka mulai 26 Februari 2024 s.d 20 Mei 2024 secara online melalui laman jepang.magangln.id. Dari jumlah pendaftar sebanyak 373 peserta yang mengambil nomor ujian dan mengikuti proses seleksi sebanyak 290 peserta.

Tahapan seleksi dengan sistem gugur meliputi: seleksi administrasi sebanyak 290 dinyatakan lolos, tes matematika sebanyak 225 orang lolos, tes kesemaptaan sebanyak 194 peserta lolos, tes fisik lari mengelilingi lapangan sepak bola di lapangan Pancasila UGM sebanyak 7 putaran dengan durasi 13 menit , 106 peserta dinyatakan lolos, selanjutnya pada tes tahap akhir adalah tes wawancara peserta dan orang tua, kemudian dinyatakan lolos sebanyak 84 peserta. Peserta yang lolos sampai tes tahap akhir meraka akan diminta melakukan proses medical check up yang dilakukan di dua wilayah yaitu di Yogyakarta dan Semarang. Selanjutnya peserta mengikuti pelatihan di daerah dan di pusat untuk mempersiapkan kemampuan Bahasa Jepang dan pembentukan karakter agar mereka nanti siap untuk menjalani magang. #magang #imjapan #disnakertransdiy #pemda DIY

Published On: 2 July 2024 / Categories: Berita, Pemagangan /