Selasa, 13 Agustus 2024, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY melaksanakan Sosialisasi Pelayanan Ketenagakerjaan di Tingkat Kalurahan (Peladi Makarti) bertempat di Ruang Wisanggeni Unit 8 Biro Umum, Humas dan Protokoler Setda DIY diikuti oleh 50 (lima puluh) Lurah di DIY sebagai pilot project program ini.
Kepala Disnakertrans DIY, Aria Nugrahadi, ST, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peladi Makarti yang ada di Kalurahan diharapkan lebih mendekatkan dan memudahkan pelayanan sehingga dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di tingkat kalurahan dengan menyediakan akses informasi layanan yang lebih baik diantaranya tentang :
1. Antar kerja
2. Perluasan kesempatan kerja
3. Peningkatan kompetensi kerja (pelatihan dan pemagangan)
4. Pelindungan tenaga kerja (pembinaan hubungan industrial, norma ketenagakerjaan dan K3, pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan Jaminan sosial ketenagakerjaan).
Pelayanan ketenagakerjaan di tingkat kalurahan ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan antara program-program pemerintah pusat dan daerah dengan masyarakat setempat, sehingga implementasi yang lebih efektif dari kebijakan nasional dalam mendukung pengembangan ekonomi regional.
Narasumber sosialisasi Peladi Makarti adalah Kepala Biro Tata Pemerintahan (KPH H. Yudanegara, Ph.D, KepalaPusat Pasar Kerja Kemenaker RI (Muchamad (Muchamad Yusuf, ST. M.Si.,ST.), Bappeda DIY (Imam Bdudharma, ST, M.Ec.Dev), BP3MI Yogyakarta (Tonny Chriswanto, ST), dan BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta (Rudi Susanto).

 

(snt)

Published On: 14 August 2024 / Categories: Berita, Peladi Makarti /